Categories
Teknologi

Kumpulan Komunitas Pecinta Kucing di Facebook dan Telegram

Siapa sih yang belum tau hewan imut dan menggemaskan satu ini, ya kucing. Kucing merupakan jenis hewan mamalia berbulu yang berasal dari keluarga Felidae. Keluarga falidae sendiri merupakan keluarga kucing dan kucing besar seperti harimau, singa, jaguar dan cheetah. Tidak seperti kerabat dekatnya, kucing memiliki tingkah yang menggemaskan dan lebih cenderung jinak. Hal ini membuat banyak orang memilih kucing sebagai hewan peliharaan kesayangan.

Banyaknya ketertarikan orang terhadap kucing dan kebutuhan sarana sebagai wadah aspirasi, munculah komunitas kucing Indonesia di jejaring media sosial seperti facebook dan telegram.

Pengertian komunitas

komunitas adalah kumpulan sosial suatu individu dalam suatu lingkungan yang saling berinteraksi dan memiliki ketertarikan yang sama terhadap sesuatu. Tujuan komunitas dibentuk yaitu untuk saling membantu antar anggota komunitas dalam menghasilkan atau melakukan suatu hal. Manfaat komunitas pun cukup banyak,seperti banyaknya informasi yang bisa kita dapat,  teman baru dan juga adanya rasa gotong royong karena ada kesamaan minat dalam bidang tertentu.

Seperti komunitas pecinta kucing ini salah satunya, komunitas ini ada karena kesamaan minat suatu individu pada hewan menggemaskan ini. Mereka sepakat  membentuk komunitas kucing untuk memudahkan interaksi mereka dan memperoleh banyak informasi seputar kucing. Komunitas kucing di Indonesia bukan lah sebuah hal baru, komunitas ini sudah lama berkembang mulai dari kota besar, kota kecil  hingga media sosial seperti facebook dan telegram.

Kumpulan Komunitas Pecinta Kucing di Facebok dan Telegram

Seperti yang saya katakan sebelumnya, kucing memilki peminat yang cukup banyak. Banyaknya kesamaan minat masyarakat pada hewan berbulu nan lucu ini dibentuklah komunitas-komunitas pecinta kucing di media sosial terutama Facebook. Komunitas ini bertujuan untuk lebih memudahkan dalam berbagi informasi dan pengetahuan mengenai bagaimana merawat, memelihara bahkan mengembangbiakan kucing dengan baik antar anggota komunitas.

Tidak hanya untuk berbagi informasi dan pengetahuan, komunitas ini juga digunakan sebagai wadah jual beli dan adopsi kucing serta penyelamatan kucing jalanan liar yang tidak bertuan. Beberapa komunitas kucing yang bisa anda jumpai di facebook seperti :

1. Komunitas penyayang kucing kampung

komunitas ini sudah memiliki lebih dari 40 ribu anggota. Anda bisa konsultasi, curhat, dan menawarkan kucing anda untuk dibeli maupun diadopsi melalui grup ini. Jika anda tertarik, anda bisa bisa langsung bergabung menggunakan link berikut dibawah ini https://www.facebook.com/groups/1140963915955150/?ref=share

Baca Juga: Mengetahui Perbedaan HNI dan HPAI

2. Komunitas Penyayang Kucing Jember(KPKJ)

KPKJ merupakan wadah silaturahmi pecinta dan penyayang kucing yang ada di Jember. KPKJ didirikan pada bulan April 2014. Tujuan komunitas ini adalah untuk berbagi ilmu seputarĀ  kucing. Jika anda tertarik bergabung dengan komunitas ini, anda tidak perlu khawatir karena siapa pun boleh bergabung entah itu pecinta kucing ras maupun domestik. https://www.facebook.com/groups/komunitaspenyayangkucingjember/?ref=share

3. Komunitas Pecinta Kucing Solo (KOPEKUSO)

KOPEKUSO menjadi sarana silaturahmi dan pererat tali persaudaraan bagi pecinta kucing khususnya di Solo. Baik pecinta kucing domestik maupun ras. Komunitas ini bisa dijadikan sarana untuk berbagi cerita, pengalaman, maupun gathering. Komunitas ini memiliki lebih dari 69 ribu anggota. https://www.facebook.com/groups/kopekuso/?ref=share

4. ICA (Indonesian Cat Association)

ICA dibentuk pada 1 April 2003 oleh pecinta kucing Indonesia melaui musyawarah yang diadakan di Jakarta dengan tujuan agar para pecinta kucing Indonesia memiliki sarana yang dapat menampung aspirasi mereka dalam koridor keorganisasian.

ICA terus berkembang ke beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Surabaya, Yogya, dan Solo. Kemudian pada tanggal 24 September 2004, melalui surat keputusan Dirjen Bina Produksi Peternakan Departemen Pertanian ICA dinobatkan sebagai organisasi bagi pemiliki, pemerhati, dan penyayang kucing Indonesia.

5. CFI (Cat Fancy Indonesia)

Sesuai dengan Surat keputusan Direktur Jendral Peternakan 11 Juli 1997 tentang Penerbitan Sertifikat Silsilah Kucing Ras Indonesia oleh Perhimpunan Kucing Ras Indonesia maka pada tanggal 11 Juli 2007 Cat Fancy Indonesia resmi sebagai Badan Registrasi dan Kontrol Pembiakan kucing di Indonesia.

Keanggotaan CFI terbuka bagi siapa pun baik itu komunitas, grub, bahkan per-orangan tanpa biaya apa pun. Bagi anggota juga dapat berkonsultasi, diskusi ataupun curhat seputar kucing mereka memalui hotline sevice CFI : 08889080748 dengan menyertakan data diri pemilik, nama kucing, jenis kelamin, ras, serta foto kucing.

Di CFI bagi pecinta kucing yang berminat untuk melakukan pembiakan kucing dapat mengajukan diri sebagai cattery, yang nantinya akan langsung mendapat pengawasan dari National Breeding Committee. Beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu haruslah seorang penyayang kucing, mengetahui bagaimana cara merawat kucing, dan memilki moral seorang breeder dengan tidak merusak, merugikan dan mengambil.

6. Komunitas penyayang kucing persia dan anggora

komunitas ini didirikan pada 11 September 2015 dan telah memiliki anggota sebanyak 32.210. Komunitas ini dikhususkan bagi pecinta kucing ras persia da anggora.

7. Komunitas penyayang kucing Semarang

didirikan pada 13 April 2016 dan telah memiliki anggota sebayak 54.562 orang. Komunitas ini menyediakan sarana untuk bertukar pendapat antar sesama pecinta kucing Indonesia terutama untuk area Kota Semarang.

8. komunitas pecinta kucing Indonesia

komunitas/grub pecinta kucing tidak hanya terdapat di facebook namun juga di telegram, salah satunya yaitu komunitas pecinta kucing Indonesia. Meskipun komunitas kucing di telegram tidak sebanyak di facebook, anggota dari komunitas ini juga tidak kalah banyak yaitu mencapai lebih dari 10 ribu anggota. Wow, jumlah yang cukup fantastic bukan.

Baca Juga: Kumpulan Grup Nonton Film Netflix di Telegram

Banyaknya ketertarikan orang terhadap kucing menjadi dorongan kuat untuk masyarakat membentuk sebuah komunitas.Pengertian dari komunitas itu sendiri ialah kumpulan sosial suatu individu dalam suatu lingkungan yang saling berinteraksi dan memiliki ketertarikan yang sama terhadap sesuatu. Tujuan komunitas dibentuk yaitu untuk saling membantu antar anggota komunitas dalam menghasilkan atau melakukan suatu hal.

Dengan adanya komunitas ini, diharapkan dapat memudahkan sesama pecinta kucing untuk berinteraksi dan menjalin tali persaudaraan antar sesama anggota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *