Categories
Teknologi

3 Penyebab Subscriber Hilang Tiba-tiba

Tinggi rendahnya jumlah subscriber yang kamu miliki bisa disebabkan oleh beberapa hal. Karena bagaimana pun juga, kamu berhubungan dengan manusia. Makhluk hidup yang hidup secara dinamis, memiliki rasa bosan dan bisa berubah pikiran kapan pun juga.

Fenomena hilang subscriber bukan hanya dialami oleh blogger atau YouTuber pemula saja. Mereka yang punya popularitas dan fans banyak pun bisa mengalaminya. Kondisi ini tidak bisa dihindari, apalagi jika kamu tidak lagi aktif posting konten terbaru.

3 Penyebab Subscriber Hilang

Hilangnya subscriber YouTube bukanlah hal aneh, kondisi ini bisa terjadi setiap hari bahkan tiap detiknya. Penasaran, mengapa jumlah subscriber kamu terus menurun tiap bulannya? Simak berikut ini:

1. Subscriber Memutuskan Stop Berlangganan

Penyebab paling alami mengapa subscriber hilang karena mereka stop berlangganan. Kondisi ini penyebabnya sangat beragam. Bisa karena rasa jenuh akibat pesan notifikasi yang terus masuk. Tidak lagi ingin subscribe karena sudah tidak sepaham dengan konten yang YouTubers posting dan alasan lainnya.

Keputusan subscriber atau tidak berada sepenuhnya pada pelanggan. Kamu tidak bisa memaksa atau mendorong mereka untuk kembali berlangganan begitu saja. Terkecuali kamu bisa menarik perhatian mereka kembali dengan konten baru yang lebih bagus dan fresh dari sebelumnya.

2. YouTube Menghapus Spam Subscriber

Selain alasan pertama, hilangnya subscriber bisa juga disebabkan oleh kebijakan YouTube. Di mana, mereka memutuskan untuk menghilangkan spam subscriber yang ada pada channel YouTube kamu.

Mereka yang kehilangan subscriber karena alasan ini, biasanya akan mendapatkan warning langsung dari YouTube. Kamu bisa periksa kebijakannya lebih lanjut di YouTube Help.

3. Akun Subscriber Sudah Tidak Aktif Lagi

Selain alasan kedua, YouTube juga bisa menghapus subscriber milikmu kapan saja karena beberapa kebijakan. Seperti akun subscriber yang sudah lama sudah tidak digunakan atau aktif lagi. Sehingga tidak ada aktivitas yang terekam jejaknya.

Atau dihapusnya akun YouTube karena menyalahi pedoman komunitas. Seperti membagikan konten pornografi, perilaku menyimpang hingga predator. Membagikan ujaran kebencian, bertindak sebagai provokator dan sebagainya.

Besar kecilnya jumlah subscriber berpengaruh sangat besar terhadap popularitas channel yang kamu punya. Sayangnya, sulit sekali menjalin ikatan yang kuat dengan subscriber jika kamu tidak mau berusaha mengambil hati mereka.

Pahami tiga penyebab subscriber hilang di atas. Dan lakukanlah tindakan pencegahan untuk menghindari kehilangan subscriber yang lebih banyak lagi setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *